Jumat, 22 Maret 2013

Cara Menginstallasi Ubuntu 12.10



Instal Ubuntu Desktop 12.10


Sebelum saya menulis tutorial ini, sebaiknya saya ucapkan dulu selamat pagi dan salam semangatt karena memang pagi ini sebenarnya lagi sibuk buangett tapi masih sempet aja mau posting.. udah kyak kena penyakit gatel aja kalau belum digaruk masih penasaran aja ...:D

Sebernya tutorial tentang cara Instal Ubuntu Desktop 12.10 Dual Boot Dengan Windows ini udah banyak buanget bisa kita temuin di mesin pencarian Google, Yahoo, Bing , dll..... jadi saya ikut ngeramienlah sapa tau aja tutorial yang saya buat lebih bisa dipahamin sama masyrakat dunia maya khususnya yang aktif dengan blog sederhana ini ....:D

bukan hanya sekedar ngeramien seh tapi emang blog ini udah jadi buku harian online saya dan emang udah sebuah kewajiban kalau anda kuliah di jurusan Teknologi Komputer kayak SI,MI,TI, dll emang udah hal wajib punya blog seperti yang pernah disampein sama guru maya saya pak yuyun walaupun saya cuma ngaku-ngaku dan belajar diam-diam dari tulisan blog dia ...yahhh gpplah walaupun dia gak kenal dan blm mengakui saya murid tapi saya seneng buanget dengan cara dia menyampaikan dan cara dia memotivasi jadi semngat ngeblog lagi ....(maaf ya pak perjoengan saya sebut-sebut namanya) ..:D

Ok deh udah kebanyakan ceritanya tutorial ya belum ditulis-tulis juga ....hehehe kembali lagi ke artikel ini, sebernya ini artikel melanjutkan dar artikel sebelumnya yaitu cara manajer partisi hardisk nah setelah partisi dibagi saat ya kita instalasi ubuntu 12.10 ya, bisa lewat DVD atau lewat Flasdisk

Saya misalkan kalian semua sudah membuat bootable ubuntu 12.10, ok ini langkah demi langkahnya :

1.Setting BIOS agar booting ke bootable Ubuntu 12.10 (Baik Lewat DVD/Flashdisk)
kemudian jika berhasil akan tampil seperti ini

2.Jika anda ingin mencoba terlebih dahulu ubuntu terbaru ini bisa kalian klik try ubuntu jika memang nanti sudah yakin mau install ubuntu ya, ydah langsung aja deh gak pake lama klik install ubuntu


tampil form Preparing to install ubuntu ini kita Continue dan klw kita tidak terkoneksi internet maka kita pilih option yang pertama dan lanjutkan instalasi sampai tampil form instalasi Type




2.Nah hati-hati pada form ini ada 3 pilihan option,
    1option pertama : jika anda ingin install ubuntu dengan sistem operasi lain pilih option ini
    2option kedua : menghapus sistem operasi yang ada dan menggantinya dengan Ubuntu
    3option ketiga : jika anda pengguna tingkat lanjut maka pilih opsi ini karena kita nanti bisa membagi lagi partisi home,root, dan swap ya (bagi yang baru kenal linux pasti binggung tuh, sama kyak saya juga :D)


 3.jika anda memilih option pertama pilih install now dan langkah-langkah yang lainya tinggal next aja pasti jadi tuh ubuntu ya

4.jika anda memilih option ketiga maka disini saya mau jelasin dulu ne apa itu partisi home, root, dan swap



5.Home : partisi home ini sama aja kayak my dokumen ya kalau diwindows tapi partisi ini gak masuk kedalam sistem dia terpisah jika nanti mau diinstal ulang lagi maka data-data kita masih tetep ada mantap kan ...hehe. Cara membuatnya pilih hardisk yang telah kita create di tutorial saya sebelumnya hapus partisi dengan klik tombol -(minus) kemudian buat dengan klik tombol







6.Root : partisi root(/) ini adalah pastisi untuk system ya, cara membuat ya silahkan lihat gambar (Pada
7.Mount Point ya pilih garis miring(/)




4.Swap : partisi swap adalah partisi cadangan untuk memory jika mengalami carsh, te oo pp buanget neh linux ...hehe buatnya size partisi ya 2 kali dari memory RAM kita ...pada use as pilih swap ar

5.Nah setelah ketiga partisi ini selesai saatnya kita install now



6.Pilih location negara kemudian continue





7.Pilih keyboard layout kemudian continue



8.Isi data user login dan password pilih continue lagi





10.setelah itu instalasi akan berjalan sekitar 15-30 menit tergantung panas api ya..eh kirain masak apa ...hehehe just kiding, klw udah berhasil maka tampil form istalasi complete dan meminta untuk restart




11.OK Capeknya tutorial ya panjang buanget tapi gpp moga aja manfaat bagi kita semua, oh ya bagi kita pemula linux khusus ubuntu nt saya akan lanjutin tutorial ini setelah instalasi selesai apa seh yang harus kita lakuin biar SO ubuntu kita berjalan lancar dan software wajib apa yang harus diinstal di ubuntu ini, ok tunggu sesi cerita selanjutnya ....:

Selamat Mencoba....!!!

by Haiman/Ilay Saputra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar